Pertanyaan  utama.

     Suatu wujud arsitektur bangunan yang dapat bertahan selama sejarah berabad-abad,  diperkirakan merupakan petunjuk adanya hubungan erat antara budaya kehidupan masyarakat sehari-hari dan  bangunan yang digunakannnya. Asumsi demikian merupakan awal untuk penelitian lebih lanjut serta berkembang merupakan pertanyaan mengenai hubungan antara budaya dan arsitektur bangunan.

  •       Konsep apa yang dominan melatar  belakangi wujud arsitektur  klenteng tradisional?

     Unsur arsitektur tradisional yang senantiasa muncul pada setiap bangunan klenteng memberikan tampilan yang merupakan ciri khas yang sangat dominan,  membedakan dari bangunan lainnya. Ciri yang menyolok dan kuat sepanjang sejarah peradaban Tionghoa, tentunya persistency demikian dimungkinkan oleh adanya dukungan budaya dan kebiasaan masyarakatnya. Hal ini memunculkan pertanyaan berikut.

  •        Bagaimana hubungan konsep dominan diatas   dengan  tradisi masyarakat Tionghoa ?

    Tradisi masyarakat merupakan bagian budaya masyarakatnya, ketika hal ini diterjemahkan dalam wujud elemen arsitektur pada bangunan; maka diperkirakan elemen arsitektur akan merupakan simbol-simbol penanda (signifier) yang sarat membawakan pesan budaya. Dirumuskan sebagai pertanyaan selanjutnya.

  •      Apa makna dan pesan yang tersirat pada elemen-elemen arsitektur bangunan klenteng tradisional sehubungan dengan budaya masyarakat Tionghoa?